01 September 2018

Cara Memperbaiki Asus Zenfone C Z007 Pengecasan / Charging Bermasalah setelah diflash

Halo sahabat dimanapun berada, sering sekali ane nemui kasus hp Asus Zenfone C seri Z007 tidak bisa dicas setelah hp diflash softwarenya pake Asus Flashtool. Pokoknya hp itu setelah sukses di flash karena masalah bootloop, hang, lemot dsb, tapi setelah jadi eh pas dicas gak ada respon, gak keluar tanda petir di indikator batere. Jangan dulu dibongkar atau di uprek2, atau ganti konektor USB chargernya ya bro. Biasanya itu masalahnya BUG software dari stock firmware Asus-nya. Aneh kan hahaha... developer Asusnya lagi galau pas merilis firmware ini kali ya 😜

Oke kita telusuri masalahnya dulu. Biasanya firmware andalan kita untuk flash Asus Zenfone C ini via Asus Flashtool adalah versi 40.55 ini >> WW-ZC451CG-4.11.40.55-rel-user-20150125-184047-signed.zip betul gak? Atau mirip2 lah sama versi ini. Nah firmware inilah yang membawa bug sehingga menyebabkan cas error gak jalan setelah kita flash ke hp Asus Zenfone C.

Solusinya mudah bro, begini:
1. Solusi pertama via update OTA, ini paling mudah. HP harus terhubung ke internet bisa via Paket data atau wifi, bebas aja tergantung kuota kita pakenya apa. Ukuran updatenya kecil koq bro, sekitar 50mb-an aja. Caranya: buka Pengaturan > Tentang > Pembaruan Sistem > Cek pembaruan. Gampangnya liat gambar dibawah ini.
Cek pembaruan sistem via OTA
Nah kalo muncul pemberitahuan tersedia update, pilih unduh/YES, tunggu beberapa saat sampai unduhan selesai, habis itu pilih INSTALL, hp akan restart ke modus recovery/robot ijo, dia akan mengupdate firmware secara otomatis, tunggu aja sampai hp nya restart lagi dan nyala seperti biasa. Nah tunggu boot selesai, habis itu coba sekarang di cas udah bisa belom?
Ilustrasi sistem update
Kalo sudah alhamdulillah, masalah teratasi. Tapi kalo masih tetep error tidak bisa ngecas, kemungkinan Asus Zenfone C kita ada masalah di konektor USB chargernya, atau kabel flexi yang menghubungkan antar board, coba lakukan penggantian ya bro.

2. Nah kalo solusi no.1 diatas tidak jalan, karena disebabkan update via OTA gak mendeteksi pembaruan sistem dari server Asus, bisa dicoba cara kedua nih bro. Ini sering juga ane alami 😞
Solusi atau cara fix updatenya adalah dengan SD Card update. Caranya:
a. siapkan sd card, pokoknya memori card yang masih ada kosong/spacenya sekitar 1gb. Sebenarnya bisa aja gak usah pake sdcard, filenya taruh di internal memori kalo terpaksa 😆
b. unduh firmware update Asus Zenfone C disini >> DOWNLOAD pilih yang versi 40.88 👈 aja, udah tested sama ane.
c. Copy file unduhannya ke sc card, taruh di luar jangan dimasukin ke folder apapun, jangan di ekstrak, biarkan saja file zip-nya apa adanya. Nyalakan hp, tunggu booting selesai.
d. Cek di notif, tarik kebawah, udah terdeteksi belum file updatenya, kalo udah klik aja, pilih Install. Tunggu file update dipasang, hp akan reboot otomatis dan masuk recovery update.
e. Nah kalo dah selesai booting coba test dicas, semoga sudah normal kembali pengecasannya bro 👌

Semoga trik cara fix error charging Asus Zenfone C Z007 diatas bisa bermanfaat buat sahabat semua.
👍👍👍👍👍👍
Maaf lagi males upload dan skrinsut gambar, kredit link dan gambar untuk blog-blog ini firmwareandroidgratis,  Joodanken Elektronikaberbagiteknologi, Jualo, dll.

3 komentar: